Selasa, 26 Januari 2010

Pembobolan Rekening Bank Melalui ATM

Kejadian yang membuat kawatir masyarakat Indonesia terutama bagi mereka yang memiliki rekening di bank. Pasalnya saat ini telah terjadi pembobolan rekening bank melalui ATM (Anjungan Tunai Mandiri).

Alhamdulillah beberapa dari para pelaku sudah tertangkap dan informasi bahwa mereka menggunakan suatu alat yang ditambahkan pada tempat masukkan kartu ATM. Dari alat tersebutlah si pelaku bisa mengetahui data yang ada di kartu ATM terutama kartu ATM yang menggunakan sistem magnetik. Dengan menambahkan kamera mini pada ruangan ATM yang bertujuan untuk mengintip nomer pin yang di-input-kan oleh nasabah bank.

Ada juga yang mengambil informasi pin ATM melalui ATM tersebut karena saat seorang nasabah selesai dengan transaksinya dan setelah kartu ATM sudah diambil maka masih ada data pin yang tersimpan di mesin ATM yang sifatnya sementara karena hanya mampu menyimpan 1 data pin saja. Data pin yang terakhir kali masuk itu yang masih disimpan oleh mesin ATM.

Setelah kita mengetahui modus para pelaku pembobol ATM seperti di atas maka hendaklah kita lebih berhati-hati menggunakan mesin ATM. Kita yang harus menjaga dana kita sendiri. Amati sebelum Anda memasukkan kartu ATM magnetik Anda ke dalam mesin ATM. Apakah ada alat yang mencurigakan di depan tempat masuknya kartu ATM?

Setelah Anda melakukan transaksi hendaklah masukkan kartu ATM Anda kembali dan masukkan nomer pin yang salah kemudian tekan "cencel". Hal ini bertujuan agar nomor pin yang tersimpan di dalam mesin ATM merupakan nomor pin yang salah tadi sehingga ini diharapkan bisa mengecoh para pelaku kriminal pembobolan ATM magnetik.
Selain itu, Anda juga bisa melakukan penutupan keypad mesin ATM saat mengetikkan nomor pin Anda dengan tujuan agar apabila di tempat itu terdapat kamera mini maka nomor pin yang Anda ketikkan tidak tertangkap oleh kamera mini tersebut.

Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat buat pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

internet marketing

PocketFavorite.com

Link2Communion.com